KD Bahasa Indonesia VIII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan
budaya
1.2
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
|
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Memiliki
perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit
2.2
Memiliki perilaku peduli, cinta tanah air,
dan semangat kebangsaan atas karya budaya yang penuh makna
2.3
Memiliki perilaku demokratis, kreatif, dan
santun dalam berdebat tentang kasus atau sudut pandang
2.4
Memilikiperilaku
jujur dan percaya diri dalam mengungkapkan kembali tujuan dan metode serta
hasil kegiatan
2.5
Memiliki
perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali peristiwa hidup
diri sendiri dan orang lain
|
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami
teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2
Membedakan
teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3
Mengklasifikasi
teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4
Mengidentifikasi
kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan
cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun
tulisan
|
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menangkap
makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi baik secara lisan maupun tulisan
4.2
Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan,
diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.3
Menelaah
dan merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan
cerita biografi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
4.4
Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan,
diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun
tulisan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar