KD Bahasa Indonesia
IX
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan
budaya
1.2
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
|
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Memiliki
perilaku jujur dan percaya diri dalam menangani kejadian dan memberikan makna
kejadian dalam konteks budaya masyarakat
2.2
Memiliki
perilaku cinta tanah air dan semangat kebangsaan atas karya budaya masyarakat
Indonesia yang penuh makna dalam hal pesan dan nilai-nilai budaya
2.3
Memiliki perilaku demokratis, kreatif, dan
santun dalam membantah sebuah sudut pandang tentang suatu masalah
2.4
Memiliki
rasa percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali
kesimpulan hasil kegiatan ilmiah
|
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
3.2
Membedakan teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
3.3
Mengklasifikasi teks eksemplum, tanggapan
kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
3.4
Mengidentifikasi kekurangan teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah
teks baik melalui lisan mupun tulisan
|
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menangkap makna teks eksemplum, tanggapan
kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan
4.2
Menyusun
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai
dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
4.3
Menelaah dan merevisi teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4
Meringkas
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
secara lisan maupun tulisan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar